KISI-KISI UJIAN SEKOLAH INFORMATIKA KELAS XII

 

Bab 1: Informatika dan Kemampuan Umum

  1. Apa yang dimaksud dengan computational thinking?
    a. Kemampuan untuk berpikir seperti komputer
    b. Cara berpikir untuk menyelesaikan masalah dengan pendekatan komputasi
    c. Keterampilan dalam menggunakan software pengolah data
    d. Metode perancangan perangkat keras komputer
    e. Teknik untuk mempercepat koneksi internet
    Jawaban: b
  2. Peran utama informatika dalam kehidupan sehari-hari adalah...
    a. Membantu manusia dalam berkomunikasi dan mengolah informasi
    b. Menggantikan seluruh pekerjaan manusia dengan komputer
    c. Menghilangkan kebutuhan akan keterampilan berpikir manusia
    d. Menggunakan internet untuk hiburan semata
    e. Memprogram semua manusia agar berpikir sama seperti komputer
    Jawaban: a
  3. Teknologi yang memungkinkan perangkat untuk saling berkomunikasi melalui internet disebut...
    a. Cloud Computing
    b. Internet of Things (IoT)
    c. Big Data
    d. Blockchain
    e. Artificial Intelligence
    Jawaban: b
  4. Dalam konsep computational thinking, penguraian masalah menjadi bagian-bagian kecil disebut...
    a. Abstraksi
    b. Algoritma
    c. Dekomposisi
    d. Pemodelan
    e. Simulasi
    Jawaban: c
  5. Seorang siswa ingin menyusun langkah-langkah untuk mencari data tertentu dalam tabel. Proses ini disebut...
    a. Enkripsi
    b. Debugging
    c. Algoritma
    d. Protokol
    e. Pemrograman
    Jawaban: c
  6. Contoh dari dampak sosial informatika yang positif adalah...
    a. Peningkatan penyebaran hoaks di media sosial
    b. Penyalahgunaan data pribadi untuk kepentingan bisnis
    c. Kemudahan akses informasi melalui internet
    d. Penyebaran virus komputer yang lebih cepat
    e. Meningkatnya kejahatan siber
    Jawaban: c
  7. Teknologi yang digunakan untuk mengenkripsi data dan menjaga keamanan informasi adalah...
    a. Komputasi Awan
    b. Virtual Reality
    c. Blockchain
    d. Internet of Things
    e. Sistem Operasi
    Jawaban: c
  8. Bagian dari informatika yang membahas tentang interaksi manusia dengan komputer disebut...
    a. Sistem Komputer
    b. User Interface Design
    c. Teknologi Informasi dan Komunikasi
    d. Jaringan Komputer
    e. Analisis Data
    Jawaban: b

Bab 2: Berpikir Komputasional

  1. Berpikir komputasional adalah...
    a. Proses berpikir yang mengikuti pola pikir manusia biasa
    b. Pendekatan untuk menyelesaikan masalah dengan teknik pemrograman
    c. Cara berpikir yang hanya digunakan dalam dunia robotika
    d. Teknik menggambar diagram alur suatu program
    e. Cara berpikir yang berfokus pada perangkat keras komputer
    Jawaban: b
  2. Salah satu langkah dalam berpikir komputasional yang bertujuan menyaring informasi yang tidak relevan adalah...
    a. Dekomposisi
    b. Abstraksi
    c. Algoritma
    d. Pengenalan pola
    e. Debugging
    Jawaban: b
  3. Proses pemecahan masalah menjadi bagian yang lebih kecil dalam berpikir komputasional disebut...
    a. Generalisasi
    b. Dekomposisi
    c. Pemodelan
    d. Enkripsi
    e. Visualisasi
    Jawaban: b
  4. Dalam berpikir komputasional, mengenali pola dalam data untuk membuat solusi lebih efisien disebut...
    a. Pemrograman
    b. Abstraksi
    c. Pengenalan pola
    d. Algoritma
    e. Debugging
    Jawaban: c
  5. Algoritma adalah...
    a. Data yang dikumpulkan untuk diolah lebih lanjut
    b. Urutan langkah-langkah sistematis dalam menyelesaikan masalah
    c. Perintah langsung kepada komputer tanpa aturan
    d. Proses mengubah bahasa manusia ke bahasa mesin
    e. Metode untuk menghapus virus dari komputer
    Jawaban: b
  6. Istilah debugging dalam berpikir komputasional mengacu pada...
    a. Proses menyusun langkah-langkah algoritma
    b. Menganalisis data dalam jumlah besar
    c. Memperbaiki kesalahan dalam suatu program
    d. Membangun jaringan komputer yang aman
    e. Mendesain tampilan aplikasi komputer
    Jawaban: c
  7. Contoh penerapan berpikir komputasional dalam kehidupan sehari-hari adalah...
    a. Menghitung pengeluaran harian secara manual
    b. Menggunakan aplikasi pemetaan untuk mencari rute tercepat
    c. Menulis catatan harian dalam buku tulis
    d. Menggambar peta konsep untuk memahami suatu topik
    e. Menyimpan file dalam flashdisk tanpa mengorganisasikannya
    Jawaban: b
  8. Apa manfaat berpikir komputasional dalam dunia pendidikan?
    a. Menghafal semua perintah dalam pemrograman
    b. Mengurangi interaksi manusia dengan komputer
    c. Membantu siswa dalam pemecahan masalah secara sistematis
    d. Mengganti semua tugas guru dengan komputer
    e. Menghapus perlunya belajar matematika
    Jawaban: c
  9. Contoh implementasi berpikir komputasional dalam pemrograman adalah...
    a. Menganalisis tren pasar menggunakan data besar
    b. Menyusun langkah-langkah untuk menyelesaikan soal matematika
    c. Membuat daftar belanjaan tanpa urutan tertentu
    d. Menjalankan komputer tanpa prosedur yang jelas
    e. Menulis ulang artikel tanpa memahami isinya
    Jawaban: b
  10. Prinsip berpikir komputasional yang berkaitan dengan pembuatan model simulasi disebut...
    a. Dekomposisi
    b. Pemodelan dan simulasi
    c. Algoritma
    d. Enkripsi
    e. Protokol
    Jawaban: b

Bab 3: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

  1. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup...
    a. Hanya perangkat keras komputer
    b. Semua alat yang berhubungan dengan komunikasi dan pengolahan informasi
    c. Hanya perangkat lunak komputer
    d. Hanya internet dan media sosial
    e. Hanya penggunaan komputer untuk desain grafis
    Jawaban: b
  2. Perangkat berikut yang termasuk dalam kategori TIK adalah...
    a. Meja kerja
    b. Flashdisk
    c. Buku cetak
    d. Pensil mekanik
    e. Kalender dinding
    Jawaban: b
  3. Fungsi utama dari internet dalam konteks TIK adalah...
    a. Menyediakan akses ke media sosial saja
    b. Menghubungkan komputer dalam jaringan global
    c. Menggantikan televisi sebagai sumber informasi utama
    d. Menghapus kebutuhan akan buku cetak
    e. Mengontrol semua perangkat elektronik di dunia
    Jawaban: b
  4. Salah satu keuntungan utama dari penggunaan cloud computing adalah...
    a. Data bisa diakses dari mana saja dengan koneksi internet
    b. Tidak memerlukan perangkat keras sama sekali
    c. Semua data dapat diakses tanpa keamanan tambahan
    d. Tidak ada risiko kehilangan data
    e. Semua data tersimpan secara otomatis tanpa perlu pengaturan
    Jawaban: a
  5. Yang termasuk teknologi komunikasi adalah...
    a. Smartphone dan email
    b. Meja dan kursi
    c. Kertas dan pena
    d. Penghapus dan spidol
    e. Batu dan kayu
    Jawaban: a
  6. Berikut ini yang termasuk contoh dampak negatif dari TIK adalah...
    a. Meningkatkan produktivitas kerja
    b. Mempermudah komunikasi jarak jauh
    c. Penyebaran berita hoaks lebih cepat
    d. Meningkatkan akses ke sumber daya pendidikan
    e. Mempermudah transaksi keuangan
    Jawaban: c
  7. Istilah yang digunakan untuk menggambarkan sistem penyimpanan data berbasis internet adalah...
    a. Cloud Computing
    b. Software Engineering
    c. Data Processing
    d. Virtual Machine
    e. Database Management
    Jawaban: a
  8. Salah satu teknologi yang berkembang pesat dalam dunia TIK adalah...
    a. Mesin ketik manual
    b. Telepon kabel
    c. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
    d. Peta kertas
    e. Radio analog
    Jawaban: c
  9. Keamanan siber dalam TIK bertujuan untuk...
    a. Mencegah akses ilegal terhadap data dan sistem komputer
    b. Membuka akses semua data ke publik
    c. Menghapus semua data yang tidak digunakan
    d. Mengurangi kecepatan akses internet
    e. Menyebarkan informasi tanpa batasan
    Jawaban: a
  10. Perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer dalam sebuah jaringan disebut...
    a. Monitor
    b. Mouse
    c. Router
    d. Printer
    e. Scanner
    Jawaban: c

Bab 4: Sistem Komputer

  1. Komponen utama dalam sebuah sistem komputer terdiri dari...
    a. Hardware, software, dan brainware
    b. Keyboard, mouse, dan printer
    c. RAM, ROM, dan monitor
    d. Hard disk, SSD, dan flashdisk
    e. Sistem operasi dan aplikasi
    Jawaban: a
  2. Perangkat keras yang berfungsi sebagai otak komputer adalah...
    a. RAM
    b. Hard disk
    c. Processor
    d. Motherboard
    e. Power supply
    Jawaban: c
  3. Fungsi utama dari sistem operasi dalam komputer adalah...
    a. Menjalankan perangkat keras secara otomatis
    b. Menghubungkan pengguna dengan perangkat keras dan perangkat lunak
    c. Menyimpan semua data pengguna secara permanen
    d. Mempercepat akses internet
    e. Menggandakan file dalam penyimpanan
    Jawaban: b
  4. Berikut ini adalah contoh perangkat lunak sistem, kecuali...
    a. Windows
    b. Linux
    c. macOS
    d. Photoshop
    e. Android
    Jawaban: d
  5. RAM berfungsi untuk...
    a. Menyimpan data secara permanen
    b. Menyimpan data sementara selama komputer digunakan
    c. Menghubungkan komputer dengan internet
    d. Menampilkan gambar di layar monitor
    e. Mengontrol input dari keyboard dan mouse
    Jawaban: b
  6. ROM berbeda dengan RAM karena...
    a. ROM bersifat sementara, sedangkan RAM permanen
    b. ROM dapat dihapus dan ditulis ulang oleh pengguna
    c. ROM hanya digunakan untuk menyimpan sistem operasi
    d. ROM bersifat permanen, sedangkan RAM sementara
    e. RAM lebih lambat dibandingkan ROM
    Jawaban: d
  7. Jenis penyimpanan yang memiliki kecepatan akses paling tinggi adalah...
    a. Hard Disk Drive (HDD)
    b. Solid State Drive (SSD)
    c. CD-ROM
    d. Flashdisk
    e. Tape Storage
    Jawaban: b
  8. BIOS dalam sistem komputer berfungsi untuk...
    a. Mengontrol jaringan komputer
    b. Menyimpan data secara permanen
    c. Mengatur proses booting komputer
    d. Menjalankan program aplikasi
    e. Menghubungkan komputer dengan internet
    Jawaban: c
  9. Perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antara berbagai komponen dalam komputer disebut...
    a. Processor
    b. RAM
    c. Motherboard
    d. Power supply
    e. Hard disk
    Jawaban: c
  10. Perintah yang diterjemahkan oleh prosesor dalam komputer berasal dari...
    a. Perangkat input
    b. Perangkat output
    c. Perangkat penyimpanan
    d. Perangkat jaringan
    e. Perangkat listrik
    Jawaban: a

Bab 5: Jaringan Komputer dan Internet

  1. Jaringan komputer yang mencakup wilayah luas seperti antar negara disebut...
    a. LAN
    b. MAN
    c. WAN
    d. PAN
    e. VPN
    Jawaban: c
  2. Perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke internet adalah...
    a. Switch
    b. Router
    c. Modem
    d. Hub
    e. Access point
    Jawaban: c
  3. Topologi jaringan yang menghubungkan semua komputer ke satu jalur utama disebut...
    a. Ring
    b. Star
    c. Mesh
    d. Bus
    e. Tree
    Jawaban: d
  4. Keamanan jaringan bertujuan untuk...
    a. Mempercepat koneksi internet
    b. Memastikan data tetap aman dari akses tidak sah
    c. Menghapus semua data setelah digunakan
    d. Memutus jaringan saat tidak digunakan
    e. Mengganti IP komputer secara otomatis
    Jawaban: b
  5. Protokol yang digunakan untuk mengakses halaman web adalah...
    a. FTP
    b. HTTP
    c. SMTP
    d. POP3
    e. TCP
    Jawaban: b
  6. Teknologi yang memungkinkan perangkat berkomunikasi tanpa kabel adalah...
    a. Ethernet
    b. Wi-Fi
    c. Fiber Optic
    d. Modem
    e. LAN
    Jawaban: b
  7. Firewall digunakan untuk...
    a. Meningkatkan kecepatan internet
    b. Menyaring dan melindungi jaringan dari ancaman
    c. Menghubungkan jaringan dengan perangkat lain
    d. Menyimpan data pengguna secara aman
    e. Mempercepat pengiriman data
    Jawaban: b
  8. Alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam jaringan adalah...
    a. URL
    b. MAC Address
    c. DNS
    d. Cache
    e. Gateway
    Jawaban: b
  9. VPN berfungsi untuk...
    a. Mempercepat pengunduhan file
    b. Mengamankan koneksi internet dengan enkripsi
    c. Memblokir akses ke situs web tertentu
    d. Menghapus data setelah digunakan
    e. Mengontrol jaringan komputer
    Jawaban: b
  10. Salah satu manfaat cloud computing adalah...
    a. Menyimpan data di perangkat keras lokal
    b. Mengakses data dari berbagai lokasi dengan koneksi internet
    c. Menghapus semua file setelah disimpan
    d. Membutuhkan perangkat penyimpanan tambahan
    e. Hanya bisa digunakan untuk satu perangkat
    Jawaban: b

Bab 6: Analisis Data

  1. Langkah pertama dalam analisis data adalah...
    a. Menampilkan data dalam bentuk grafik
    b. Mengumpulkan dan membersihkan data
    c. Menganalisis pola data
    d. Menghapus data yang tidak diperlukan
    e. Menggunakan software statistik
    Jawaban: b
  2. Data yang diperoleh langsung dari sumber aslinya disebut...
    a. Data sekunder
    b. Data primer
    c. Data tersier
    d. Data olahan
    e. Data publik
    Jawaban: b
  3. Salah satu tujuan utama dari analisis data adalah...
    a. Mengurangi jumlah data yang tersedia
    b. Menyusun informasi yang tidak relevan
    c. Mengambil kesimpulan berdasarkan pola yang ditemukan
    d. Menyimpan data tanpa melakukan analisis lebih lanjut
    e. Mempersulit pengolahan data
    Jawaban: c
  4. Berikut ini adalah contoh alat yang digunakan dalam analisis data, kecuali...
    a. Microsoft Excel
    b. Google Sheets
    c. Python
    d. Adobe Photoshop
    e. SQL
    Jawaban: d
  5. Data yang terdiri dari angka dan dapat diukur disebut...
    a. Data kualitatif
    b. Data deskriptif
    c. Data kuantitatif
    d. Data subjektif
    e. Data naratif
    Jawaban: c
  6. Proses mengubah data mentah menjadi informasi yang dapat digunakan disebut...
    a. Data mining
    b. Data processing
    c. Data cleaning
    d. Data storage
    e. Data encoding
    Jawaban: b
  7. Visualisasi data bertujuan untuk...
    a. Menyulitkan pemahaman data
    b. Mempermudah analisis dengan representasi grafik atau tabel
    c. Menghapus data yang tidak relevan
    d. Menambah jumlah data yang tidak valid
    e. Menghilangkan pola yang terbentuk
    Jawaban: b
  8. Salah satu jenis diagram yang sering digunakan dalam analisis data adalah...
    a. Diagram alir
    b. Diagram pie chart
    c. Diagram teknik
    d. Diagram rangkaian listrik
    e. Diagram mekanik
    Jawaban: b
  9. Software yang sering digunakan untuk analisis data besar adalah...
    a. Photoshop
    b. Microsoft Word
    c. Google Docs
    d. Tableau
    e. VLC Media Player
    Jawaban: d
  10. Data yang tidak memiliki pola yang jelas dan sulit dianalisis disebut...
    a. Data terstruktur
    b. Data semi-terstruktur
    c. Data tidak terstruktur
    d. Data kuantitatif
    e. Data numerik
    Jawaban: c

Bab 7: Algoritma dan Pemrograman

  1. Algoritma adalah...
    a. Urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
    b. Kode komputer yang sudah jadi
    c. Perintah acak yang dimasukkan ke komputer
    d. Program yang sudah dikompilasi
    e. Perintah yang diberikan tanpa aturan tertentu
    Jawaban: a
  2. Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk pemula adalah...
    a. Assembly
    b. Python
    c. Machine code
    d. Fortran
    e. COBOL
    Jawaban: b
  3. Struktur kontrol dalam pemrograman yang digunakan untuk pengulangan disebut...
    a. Looping
    b. Selection
    c. Input-output
    d. Function
    e. Variable
    Jawaban: a
  4. Apa tujuan dari debugging dalam pemrograman?
    a. Mempercepat proses eksekusi program
    b. Menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam kode
    c. Menulis ulang program dari awal
    d. Meningkatkan ukuran program
    e. Menghapus seluruh kode yang telah dibuat
    Jawaban: b
  5. Apa yang dimaksud dengan variabel dalam pemrograman?
    a. Sebuah nilai yang berubah-ubah dalam program
    b. Perintah untuk menjalankan sistem operasi
    c. Fungsi utama dalam sistem operasi
    d. Program yang berjalan secara otomatis
    e. Data yang tidak dapat diubah
    Jawaban: a
  6. Berikut ini adalah contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi, kecuali...
    a. Python
    b. JavaScript
    c. C++
    d. HTML
    e. Machine Code
    Jawaban: e
  7. Struktur algoritma dasar terdiri dari...
    a. Input, Proses, Output
    b. RAM, ROM, CPU
    c. Storage, Processing, Display
    d. Internet, Komputer, Router
    e. Software, Hardware, User
    Jawaban: a
  8. Simbol dalam flowchart yang digunakan untuk menunjukkan keputusan adalah...
    a. Lingkaran
    b. Persegi panjang
    c. Belah ketupat
    d. Panah
    e. Segitiga
    Jawaban: c
  9. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web interaktif adalah...
    a. Python
    b. C++
    c. JavaScript
    d. SQL
    e. Pascal
    Jawaban: c
  10. Operator yang digunakan untuk perbandingan dalam pemrograman adalah...
    a. +
    b. -
    c. ==
    d. *
    e. %
    Jawaban: c

Bab 8: Dampak Sosial Informatika

  1. Salah satu dampak positif dari teknologi informasi adalah...
    a. Meningkatkan penyebaran hoaks
    b. Mempermudah akses informasi dan komunikasi
    c. Mengurangi kebutuhan akan pendidikan
    d. Menyebabkan kecanduan media sosial
    e. Menurunkan privasi pengguna
    Jawaban: b
  2. Kejahatan dunia maya yang melibatkan pencurian data pribadi disebut...
    a. Phishing
    b. Hacking
    c. Cyberbullying
    d. Carding
    e. Cracking
    Jawaban: a
  3. Apa yang dimaksud dengan cyberbullying?
    a. Serangan virus terhadap suatu sistem komputer
    b. Pelecehan atau perundungan yang dilakukan secara daring
    c. Penyebaran software ilegal
    d. Pemalsuan data dalam dunia maya
    e. Pengambilan data pribadi secara tidak sah
    Jawaban: b
  4. Teknologi yang dapat membantu dalam mencegah penyebaran berita palsu adalah...
    a. Deepfake
    b. AI untuk fact-checking
    c. Anonymous browsing
    d. Spam bots
    e. Keylogger
    Jawaban: b
  5. Salah satu contoh dampak negatif dari kecanduan media sosial adalah...
    a. Meningkatkan produktivitas kerja
    b. Mengurangi interaksi sosial di dunia nyata
    c. Meningkatkan wawasan dan keterampilan
    d. Mempermudah komunikasi jarak jauh
    e. Mempercepat proses belajar
    Jawaban: b
  6. Tindakan ilegal yang melibatkan akses tanpa izin ke sistem komputer disebut...
    a. Cracking
    b. Hacking
    c. Defacing
    d. DDoS attack
    e. Spoofing
    Jawaban: b
  7. Salah satu dampak sosial dari perkembangan informatika dalam dunia bisnis adalah...
    a. Meningkatkan jumlah pengangguran
    b. Memudahkan transaksi online
    c. Mengurangi persaingan antar perusahaan
    d. Menghambat pertumbuhan e-commerce
    e. Mengurangi penggunaan teknologi dalam bisnis
    Jawaban: b
  8. Berikut ini adalah contoh etika dalam penggunaan internet, kecuali...
    a. Menghormati hak cipta orang lain
    b. Menyebarkan informasi tanpa verifikasi
    c. Menggunakan kata-kata yang sopan dalam berkomunikasi
    d. Tidak menyebarkan data pribadi orang lain tanpa izin
    e. Tidak melakukan plagiarisme
    Jawaban: b
  9. Teknologi yang digunakan untuk melindungi data pribadi pengguna internet adalah...
    a. Firewall
    b. Keylogger
    c. Spyware
    d. Rootkit
    e. Malware
    Jawaban: a
  10. Regulasi yang mengatur perlindungan data pribadi di Indonesia adalah...
    a. Undang-Undang ITE
    b. RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP)
    c. Undang-Undang Persaingan Usaha
    d. Peraturan Menteri Pendidikan
    e. ISO 9001
    Jawaban: b

Bab 9: Praktika Lintas Bidang

  1. Integrasi informatika dalam bidang kesehatan dapat berupa...
    a. Penyebaran informasi palsu tentang penyakit
    b. Penggunaan rekam medis elektronik
    c. Pengurangan jumlah dokter di rumah sakit
    d. Penutupan akses informasi medis untuk umum
    e. Menggunakan komputer hanya untuk administrasi
    Jawaban: b
  2. Penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan dapat berupa...
    a. Menulis buku pelajaran secara otomatis
    b. Mengembangkan sistem pembelajaran adaptif
    c. Mengganti peran guru secara penuh
    d. Menyediakan akses internet gratis di sekolah
    e. Menghapus ujian nasional
    Jawaban: b
  3. Teknologi yang digunakan untuk otomatisasi dalam industri manufaktur adalah...
    a. Internet of Things (IoT)
    b. Virtual Reality (VR)
    c. Blockchain
    d. Big Data
    e. Cloud Computing
    Jawaban: a
  4. Salah satu manfaat penerapan informatika dalam dunia bisnis adalah...
    a. Meningkatkan efisiensi operasional melalui sistem otomatisasi
    b. Menghapus kebutuhan akan analisis pasar
    c. Menghilangkan tenaga kerja manusia sepenuhnya
    d. Mengurangi kebutuhan perusahaan akan data
    e. Menyulitkan pengambilan keputusan berbasis data
    Jawaban: a
  5. Teknologi yang mendukung sistem pembayaran digital adalah...
    a. Bitcoin dan QRIS
    b. Mesin ketik dan printer
    c. Kalkulator dan papan tulis
    d. Hard disk dan flashdisk
    e. Scanner dan proyektor
    Jawaban: a
  6. Apa keuntungan utama dari penggunaan cloud computing dalam dunia bisnis?
    a. Biaya penyimpanan data lebih rendah
    b. Data hanya dapat diakses dari satu lokasi
    c. Memperlambat pertumbuhan perusahaan
    d. Memerlukan lebih banyak perangkat keras
    e. Tidak dapat digunakan untuk analisis data
    Jawaban: a
  7. Teknologi blockchain sering digunakan dalam bidang...
    a. Keamanan siber dan transaksi digital
    b. Pendidikan dasar
    c. Jaringan sosial media
    d. Desain grafis
    e. Pemrograman web
    Jawaban: a
  8. Salah satu penerapan informatika dalam bidang pertanian adalah...
    a. Penggunaan drone untuk pemantauan lahan
    b. Menggunakan robot untuk menggantikan petani
    c. Meningkatkan penggunaan pestisida secara otomatis
    d. Mengurangi penggunaan teknologi dalam pertanian
    e. Menghapus sistem irigasi berbasis sensor
    Jawaban: a
  9. Peran informatika dalam bidang hukum adalah...
    a. Menganalisis data hukum dengan AI
    b. Menggantikan hakim dalam persidangan
    c. Menghapus dokumen hukum fisik
    d. Menyediakan informasi hukum tanpa batasan
    e. Mengurangi kebutuhan akan penasihat hukum
    Jawaban: a
  10. Pemanfaatan Big Data dalam pemasaran digital bertujuan untuk...
    a. Memprediksi tren dan perilaku pelanggan
    b. Menghapus kebutuhan akan survei pasar
    c. Menghilangkan persaingan di pasar
    d. Mengurangi biaya produksi produk secara drastis
    e. Membatasi akses pelanggan ke informasi produk
    Jawaban: a

 

Kelas XI

Bab 2: Strategi Algoritma dan Pemrograman

  1. Algoritma adalah...
    a. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah
    b. Bahasa pemrograman tingkat tinggi
    c. Metode untuk merancang perangkat keras
    d. Sistem operasi komputer
    e. Proses menghubungkan komputer ke internet
    Jawaban: a
  2. Struktur algoritma dasar terdiri dari...
    a. Input, proses, output
    b. Hardware, software, brainware
    c. RAM, ROM, CPU
    d. Data, informasi, pemrograman
    e. Perintah, sintaks, logika
    Jawaban: a
  3. Perbedaan utama antara rekursi dan iterasi dalam algoritma adalah...
    a. Rekursi menggunakan pemanggilan fungsi dirinya sendiri, sedangkan iterasi menggunakan perulangan
    b. Iterasi lebih lambat dibandingkan rekursi
    c. Rekursi hanya bisa digunakan dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi
    d. Iterasi membutuhkan lebih banyak memori dibandingkan rekursi
    e. Rekursi tidak bisa digunakan dalam pemrograman modern
    Jawaban: a
  4. Dalam pemrograman, variabel adalah...
    a. Sebuah tempat untuk menyimpan nilai dalam program
    b. Perintah untuk mencetak data ke layar
    c. Sistem operasi komputer
    d. Struktur data yang tidak berubah
    e. Bagian dari perangkat keras
    Jawaban: a
  5. Looping atau perulangan digunakan untuk...
    a. Mengulangi eksekusi kode dalam kondisi tertentu
    b. Menampilkan data tanpa perubahan
    c. Menjalankan program satu kali
    d. Menghapus variabel dalam pemrograman
    e. Memeriksa kesalahan dalam kode
    Jawaban: a
  6. Flowchart digunakan untuk...
    a. Memvisualisasikan langkah-langkah algoritma
    b. Menjalankan program komputer
    c. Mengubah teks menjadi kode program
    d. Menghubungkan komputer ke internet
    e. Mengembangkan perangkat keras
    Jawaban: a
  7. Simbol belah ketupat dalam flowchart melambangkan...
    a. Percabangan atau keputusan
    b. Proses utama
    c. Input atau output
    d. Terminator atau akhir program
    e. Penyimpanan data
    Jawaban: a
  8. Dalam pemrograman, fungsi berfungsi untuk...
    a. Mengorganisir kode ke dalam blok yang dapat digunakan kembali
    b. Menjalankan kode tanpa perintah
    c. Menghapus variabel dalam program
    d. Mempercepat eksekusi hardware
    e. Membuat database baru
    Jawaban: a
  9. Big-O Notation digunakan untuk...
    a. Mengukur efisiensi algoritma
    b. Menjalankan program lebih cepat
    c. Menampilkan hasil program ke layar
    d. Memeriksa kesalahan sintaks dalam kode
    e. Membantu program berjalan tanpa bug
    Jawaban: a
  10. Salah satu teknik optimasi dalam algoritma adalah...
    a. Penggunaan memoization untuk menghindari perhitungan ulang
    b. Mengulang kode tanpa batas
    c. Menggunakan variabel sebanyak mungkin
    d. Mengabaikan error dalam program
    e. Menjalankan program tanpa debugging
    Jawaban: a

Bab 3: Berpikir Kritis dan Dampak Sosial Informatika

  1. Berpikir kritis dalam Informatika membantu dalam...
    a. Menganalisis dan mengevaluasi suatu informasi sebelum mengambil keputusan
    b. Menyalin kode tanpa memahami logikanya
    c. Menggunakan teknologi tanpa etika
    d. Menghindari penggunaan komputer
    e. Mengabaikan keamanan data
    Jawaban: a
  2. Salah satu dampak positif dari Informatika dalam masyarakat adalah...
    a. Meningkatkan efisiensi kerja dan komunikasi
    b. Menghilangkan pekerjaan manusia
    c. Mengurangi kemampuan berpikir logis
    d. Meningkatkan penyebaran hoaks
    e. Menghambat inovasi dalam teknologi
    Jawaban: a
  3. Contoh cyber crime yang berkaitan dengan pencurian data adalah...
    a. Phishing
    b. Debugging
    c. Looping
    d. Rekursi
    e. Flowchart
    Jawaban: a
  4. Salah satu cara untuk melindungi privasi data di internet adalah...
    a. Menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak
    b. Membagikan informasi pribadi ke semua orang
    c. Mengabaikan notifikasi keamanan
    d. Menggunakan perangkat tanpa pembaruan keamanan
    e. Memasang perangkat lunak bajakan
    Jawaban: a
  5. Hoaks dalam dunia digital dapat dikurangi dengan...
    a. Memeriksa sumber informasi sebelum menyebarkannya
    b. Membagikan semua berita tanpa verifikasi
    c. Mengandalkan media sosial tanpa pengecekan fakta
    d. Menggunakan komputer tanpa akses internet
    e. Menulis ulang berita tanpa sumber yang jelas
    Jawaban: a
  6. Etika digital dalam penggunaan teknologi mencakup...
    a. Menghormati hak cipta dan privasi orang lain
    b. Menyebarkan informasi palsu
    c. Menggunakan data orang lain tanpa izin
    d. Mengakses akun orang lain secara ilegal
    e. Menggunakan perangkat tanpa autentikasi
    Jawaban: a
  7. Deepfake adalah teknologi yang digunakan untuk...
    a. Memanipulasi video dan gambar dengan kecerdasan buatan
    b. Mengamankan sistem komputer
    c. Mempercepat akses internet
    d. Memperbaiki bug dalam program
    e. Menghapus virus komputer
    Jawaban: a
  8. Filter bubble dalam media sosial mengacu pada...
    a. Algoritma yang hanya menampilkan informasi sesuai preferensi pengguna
    b. Filter pencarian dalam database
    c. Perangkat lunak yang mendeteksi virus
    d. Teknik enkripsi data
    e. Sistem penyimpanan cloud
    Jawaban: a
  9. Dampak negatif kecanduan media sosial adalah...
    a. Mengurangi interaksi sosial secara langsung
    b. Meningkatkan produktivitas kerja
    c. Mempermudah komunikasi dengan orang lain
    d. Meningkatkan pemahaman teknologi
    e. Mengembangkan keterampilan berpikir logis
    Jawaban: a
  10. Salah satu cara mengurangi cyberbullying adalah...
    a. Melaporkan tindakan bullying kepada pihak berwenang
    b. Mengabaikan semua pesan yang diterima
    c. Membalas dengan tindakan yang sama
    d. Menyebarkan informasi pribadi pelaku
    e. Menggunakan media sosial tanpa aturan
    Jawaban: a

Bab 4: Jaringan Komputer dan Internet

  1. Apa fungsi utama dari jaringan komputer?
    a. Menghubungkan komputer satu dengan lainnya untuk berbagi data
    b. Mengurangi kapasitas penyimpanan komputer
    c. Meningkatkan ukuran file yang dapat disimpan
    d. Memperlambat koneksi internet
    e. Menghapus data yang tidak diperlukan
    Jawaban: a
  2. Jaringan komputer yang mencakup wilayah satu gedung atau kantor disebut...
    a. LAN
    b. WAN
    c. MAN
    d. PAN
    e. VPN
    Jawaban: a
  3. Perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer adalah...
    a. Router
    b. Printer
    c. Scanner
    d. Monitor
    e. Speaker
    Jawaban: a
  4. Topologi jaringan yang semua perangkat terhubung ke satu pusat adalah...
    a. Star
    b. Bus
    c. Ring
    d. Mesh
    e. Hybrid
    Jawaban: a
  5. Protokol yang digunakan untuk mengakses halaman web adalah...
    a. HTTP
    b. FTP
    c. SMTP
    d. POP3
    e. SSH
    Jawaban: a
  6. Apa fungsi utama dari firewall dalam jaringan komputer?
    a. Melindungi jaringan dari ancaman keamanan
    b. Mempercepat koneksi internet
    c. Menghapus semua file dalam jaringan
    d. Mengubah alamat IP pengguna
    e. Menghubungkan jaringan dengan perangkat lain
    Jawaban: a
  7. Teknologi yang memungkinkan perangkat berkomunikasi tanpa kabel disebut...
    a. Wi-Fi
    b. Ethernet
    c. Fiber Optic
    d. LAN
    e. USB
    Jawaban: a
  8. Apa yang dimaksud dengan IP Address?
    a. Alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam jaringan
    b. Proses pengiriman data dalam bentuk paket
    c. Perangkat keras jaringan
    d. Protokol keamanan internet
    e. Sistem penyimpanan berbasis cloud
    Jawaban: a
  9. VPN (Virtual Private Network) digunakan untuk...
    a. Mengamankan koneksi internet dengan enkripsi
    b. Mempercepat akses internet
    c. Menghapus data dalam jaringan
    d. Mengontrol jaringan komputer
    e. Menghubungkan komputer tanpa kabel
    Jawaban: a
  10. Jaringan yang menghubungkan komputer dalam skala global disebut...
    a. Internet
    b. LAN
    c. MAN
    d. Extranet
    e. Intranet
    Jawaban: a

Bab 5: Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Library Kecerdasan Artifisial

  1. Apa yang dimaksud dengan library dalam pemrograman?
    a. Kumpulan fungsi atau kode yang dapat digunakan kembali dalam program
    b. Tempat penyimpanan buku di perpustakaan
    c. Alat untuk menghapus data dalam aplikasi
    d. Metode untuk mengurangi ukuran file aplikasi
    e. Sistem yang mengontrol perangkat keras
    Jawaban: a
  2. Framework yang populer digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile adalah...
    a. Flutter
    b. Photoshop
    c. Excel
    d. Word
    e. AutoCAD
    Jawaban: a
  3. Apa keunggulan utama dari kecerdasan buatan (AI) dalam aplikasi mobile?
    a. Mampu belajar dari data dan memberikan hasil prediksi
    b. Mengurangi kapasitas penyimpanan perangkat
    c. Menghapus data tanpa izin pengguna
    d. Meningkatkan konsumsi daya secara drastis
    e. Menghentikan aplikasi yang berjalan secara otomatis
    Jawaban: a
  4. Contoh penerapan kecerdasan buatan dalam aplikasi mobile adalah...
    a. Fitur pengenalan wajah (Face Recognition)
    b. Kalkulator sederhana
    c. Aplikasi pengedit teks
    d. Radio FM
    e. Pemutar musik
    Jawaban: a
  5. Bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile adalah...
    a. Kotlin dan Swift
    b. HTML dan CSS
    c. PHP dan SQL
    d. C++ dan Fortran
    e. Assembly dan COBOL
    Jawaban: a
  6. Aplikasi yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi Android tanpa coding yang rumit adalah...
    a. MIT App Inventor
    b. Photoshop
    c. Microsoft Word
    d. AutoCAD
    e. CorelDRAW
    Jawaban: a
  7. Apa manfaat utama dari penggunaan API dalam pengembangan aplikasi mobile?
    a. Mempermudah integrasi dengan layanan lain seperti Google Maps
    b. Menghapus file secara otomatis
    c. Mengurangi konsumsi daya baterai
    d. Mengontrol sistem operasi perangkat
    e. Mempercepat koneksi internet
    Jawaban: a
  8. Machine learning dalam aplikasi mobile digunakan untuk...
    a. Memungkinkan aplikasi belajar dari data pengguna dan meningkatkan pengalaman pengguna
    b. Memperlambat akses data
    c. Mengurangi kapasitas penyimpanan perangkat
    d. Menghapus file dari perangkat
    e. Menjalankan aplikasi secara otomatis
    Jawaban: a
  9. Salah satu tantangan dalam pengembangan aplikasi mobile adalah...
    a. Optimalisasi performa aplikasi agar berjalan efisien
    b. Tidak membutuhkan desain antarmuka
    c. Semua aplikasi memiliki ukuran yang sama
    d. Tidak perlu melakukan pengujian aplikasi
    e. Semua aplikasi berjalan tanpa bug
    Jawaban: a
  10. Apa peran cloud computing dalam pengembangan aplikasi mobile?
    a. Menyediakan penyimpanan dan pemrosesan data berbasis online
    b. Menghapus data dari perangkat secara otomatis
    c. Memperlambat kinerja aplikasi
    d. Mengurangi fitur aplikasi yang tersedia
    e. Membatasi akses ke perangkat lain
    Jawaban: a

Bab 6: Proyek Analisis Data

  1. Langkah pertama dalam analisis data adalah...
    a. Mengumpulkan dan membersihkan data
    b. Menghapus semua data yang tidak digunakan
    c. Menjalankan program tanpa data
    d. Menggunakan data tanpa analisis
    e. Menampilkan hasil tanpa verifikasi
    Jawaban: a
  2. Apa jenis data yang dapat digunakan dalam proyek analisis deforestasi?
    a. Data citra satelit dan statistik perubahan lahan
    b. Hanya teks dari artikel berita
    c. Foto pribadi yang tidak terkait
    d. Informasi dari media sosial tanpa validasi
    e. Video hiburan
    Jawaban: a
  3. Teknik visualisasi data yang sering digunakan untuk menunjukkan tren perubahan hutan adalah...
    a. Grafik garis
    b. Tabel kosong
    c. Video animasi
    d. Peta piksel acak
    e. Foto tanpa keterangan
    Jawaban: a
  4. Manfaat utama dari visualisasi data dalam analisis deforestasi adalah...
    a. Memudahkan interpretasi perubahan lingkungan
    b. Menghapus data yang tidak diperlukan
    c. Mengganti data dengan gambar ilustrasi
    d. Mengurangi jumlah informasi yang tersedia
    e. Menyembunyikan fakta dari masyarakat
    Jawaban: a
  5. Sumber data yang dapat digunakan dalam proyek analisis deforestasi meliputi...
    a. Data dari lembaga lingkungan dan badan pemerintah
    b. Pendapat pribadi tanpa dasar ilmiah
    c. Artikel tanpa referensi yang jelas
    d. Informasi dari sumber yang tidak terpercaya
    e. Video vlog tanpa penelitian
    Jawaban: a
  6. Salah satu dampak utama dari deforestasi adalah...
    a. Berkurangnya keanekaragaman hayati
    b. Peningkatan jumlah pohon
    c. Stabilitas iklim global
    d. Bertambahnya habitat alami
    e. Berkurangnya pencemaran udara
    Jawaban: a
  7. Bagaimana cara memastikan keakuratan data dalam analisis proyek ini?
    a. Menggunakan sumber data terpercaya dan melakukan validasi silang
    b. Menggunakan data dari media sosial tanpa pengecekan
    c. Mengubah angka agar sesuai dengan asumsi awal
    d. Mengabaikan kesalahan dalam dataset
    e. Menggunakan data lama tanpa memperbarui informasi
    Jawaban: a
  8. Apa dampak positif dari penggunaan teknologi dalam pemantauan hutan?
    a. Memungkinkan deteksi dini deforestasi dengan data satelit
    b. Mempercepat proses penggundulan hutan
    c. Mengurangi akurasi informasi
    d. Membatasi akses masyarakat terhadap informasi lingkungan
    e. Menyulitkan proses penelitian
    Jawaban: a
  9. Bagaimana hasil analisis data dalam proyek ini dapat digunakan untuk aksi nyata?
    a. Membantu pembuatan kebijakan lingkungan berbasis data
    b. Mengabaikan hasil analisis tanpa tindak lanjut
    c. Menyimpan data tanpa dipublikasikan
    d. Menggunakan hasil analisis hanya untuk penelitian akademik tanpa implementasi
    e. Mengubah data agar sesuai dengan opini publik
    Jawaban: a

 

 

Comments

Popular posts from this blog

KISI KISI SOAL SAS INFORMATIKA GENAP 2024/2025

KISI-KISI LUS INFORMATIKA KELAS XII SMA N 5 BANDAR LAMPUNG